Minggu, 24 Maret 2013

laporan pembuatan email


BAB I
PENDAHULUAN
1.1             LATAR BELAKANG
L

atar belakang dari pembuatan makalah ini berdasarkan pada matero kelas IX pada Semester Genap, yang tercantum salah satunya ialah pengoprasian internet dalam lehidupan manusia, oleh sebab itu guru mata pelajaran Teknilogi Informasi & Komunikasi (TIK) memberi tugas untu membuat satu makalah dengan tema bebas, namun tercantum pengertian Search Engine, Pemgoperasian Search Emgine. Seperti yang kita ketahui search engine merupakan mesin pencari, dalam hal ini digunakan untuk menari data atau informasi di internet dengan mudah dengan cara mengetik kata kunci pada search engine tersebut, akhirnya penulis memutuskan untuk mencari atau memakai tema tentang E-mail, di karenakan pada BAB 2 Layanan Informasi di Internet, yang sedikit menyinggung tentang e-mail.
Dengan harapan lebih memahami tantang e-mail maka penulis memilih bahan e-mail untuk dijadikan tema makalah ini. Oleh sebab itu makalah ini berisi tentang pengertian, pemakaian, fungsi, dan cara untuk membuat e-mail. Penulis memberi judul makalah ini dengan nama “E-mail dan Cara Pembuatnnya”.
1.2            RUMUSAN MASALAH
Berangkat dari latar belakang yang telah dipaparkan sebelumnya, maka didapatlah rumusan masalah pada makalah ini, sebagai berikut :
1.      Apa itu E-mail ?
2.      Bagaimana proses pembuatan e-mail ?
3.      Apa keuntungan dan kerugian dari email ?

1.3            TUJUAN
Rumusan masalah di atas maka adapun beberapa tujuan yang ingin diperoleh pada penulisan makalah ini yairu :
1.      Secara teori dapat memahami e-mail
2.      Tahu bagaimana tahap atau proses pembuatan e-mail
3.      Mengetahui keuntungan dan kerugian dari e-mail

1.4  MANFAAT
Selain beberapa tujuan di atas ada pula manfaat yang nantinya ingin dacapi pada penulisan makalah ini yaitu sebagai berikut :
1.      Untuk memahami lebih mendalam tentang e-mail
2.      Bisa membuat e-mail
3.      Untuk teman-teman dapat digunakan untuk kepentingan pembelajaran

BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.1 PENGERTIAN SEARCH ENGINE
            Sepertiyang telah disampaikan bahwa internet itu seperti sebuah mega perpustakaan yang terdiri atas berjuta-juta website. Sering kali lkita memerlukan informasi tentang topic tertentu saja. Hal itu dapat kita lakukan dengan melakukan Search Engine melalui browser. Denga memasukkan sebuah kata kunci, kita ajkan disuguhkan berbagai pilihan situs untuk dibuka. Umpamanya, kita ingin mencari sesuatu informasi tentang penyakit “kanker”, maka dengan seketika  kita dapat membuka situs-situs yang menyediakan informasi ini.
            Search engine atau mesin pencari adalah sarana yang tersedia untuk mencari informasi di internet. Alat bantu pencari informasi ini bertfungsi seperti kartu katalog perpustakaan. Saat kita meminta search engine untuk mencarikan situs tertentu, sebenarnya yang ditampilkan dalah hasil search mereka sebelumnya yang dikumpulkan dalam satu data base, Yang sangat besar yang di dalamnya terkandung halaman-halaman web yang berhasil dikumpulkan. Untuk itu, search engine menggunakan “laba-laba” (spider) elektronik atau ‘robot” (bot) yang akan menyerap ke sana ke mari di dunia maya, dari satu link ke link lainnya. Pada saat sang laba-laba sampai pada situs web, ia akan mengindeks sebagian besar kata yang terdapat pada situs web tersebut.
            Pada saat koita mencari data atau mencari informasi di web dengan menggunakan search engine, kita sebenarnya meminta engine itu untuk nmengecek indeks yang disusun search engine itu pada basis datanya, lalu mencocokannya dengan kata kunci8 (keyword) yang kita minta untuk dicarikan. Setelah data yang cocok ditemukan, search engine akan menyajikan dalam bentuk dalam bentuk daftar link, pada layar computer selanjutnya dapat diklik untuk membuka situs tersebut.
            Apakah situs yang berhubungan dengan kata kunci kita ditampilkan? Tidak. Hal ini terjadi karena Search engine mempunyai keterbatasan masing-masing ketika mengumpulkan informasi dari seluruh web pada sasat ini tidak ada satupun search engine yang basais datanya dapat mencakup seluruh halaman web yang pada bulan Juli 2000 diperkirakan telah mencapai 2,1 milyar dan bertambah 7 juta halaman per harinya.
            Namun demikian, search engine masih tetap merupakan sarana yang paling efektif untuk melakukan pencarian  di web. Bayangkan jika kita harus mencari satu per sdatu informasi di tengah-tengah milyaran halaman web tanpa alat bantu semacam search engine, akan memakan waktu berbulan-bulan.
            Stiap search engine berbeda dalam halo ukuran, kecepatan, dan isinya. System pemeringkatannya pun berbeda, demikaian pula dengan pilihan pencariannya. Oleh karena itu, hasil pencarian akan berbeda pada setiap search engine yang kita gunakan. Kita tidak berhubungan  langsung dengan search engine, tetapi kita akan merasakan manfaatnya melalui situs yang menyediakan search. Situs-situs yangt sangat popular di kalangan pengguna internet untuk pencarian informasi, antara lain : www.google.com, www.yahoo.com, dan sebagainya.


2.2 MENJALANKAN SEARCH ENGINE DI GOOGLE
Untuk mencari informasi dengan menggunakan google, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1.      Ketiklah alamat website www.google.co.id atau www.google.com pada addres bar
2.      Maka akan ditampilkan layar pencari Google
3.      Kemudian, ketiklah kata kunci pencarian (keyword0 pada kotak yang disediakan
4.      Kemudian tekan ENTER atau klik penulusuran Google
5.      Maka google akan menampilkan hasil pencarian


Di bagian atas layar google terdapat link yang menghubungkan pada fasilitas-fasilitas dari google.


+Anda
Telusuri
Gambar
Maps
Kalender
YouTube
Lainnya
Berita
Documents
Gmail
 


+Anda
Untuk masuk dan berbagi di Googke +
Telusuri
Pencarian (search)
Ganbar
Pencarian gambar
Maps
Masuk ke peta
YouTube
Masuk ke link YouTube
Berita
Pencarian Berita
Gmail
Masuk ke google mail (email Google)
Documents
Berbagi pekerjaan dengan google document, mengunggah file dari desktop. Document, spreadsheet, presentasi, gambar, formulir
Kalender
Mengatur jadwal dan membagikan info acar dengan teman
Lainnya
·         Terjemahan : untuk menterjemahkan bahasa (berbagai macam bahasa)
·         Buku : menelusuri teks utuh buku dan menemukan buku-buku yang baru
·         Foto : barbagi foto





2.3 PENGERTIAN E-mail
Elektronik mail atau disingkat e-mail, oleh pengguna computer di Indonesia disebut juga dengan surat elektronik, merupakan fasilitas yang paling sederhana, paling mudah penggunaannya, dan dipergunakan secara luas oleh pengguna internet. Dengan fasilitas ini kita bisa mengirim atau menerima e-mail dari dank e pengguna internet di seluruh dunia. Jika dibandingkan dengan pos, fasilitas e-mail jauh lebih cepat. Kita bisa mengirim e-mail kepada teman yang berada di luar negeri hanya dalam waktu beberapa menit dan tidak perlu khawatir surat tersebut akan rusak terkena hujan atau hal-hal lainnya.
            E-mail merupakan fasilitas yang memungkinkan dua orang atu lebih melakukan komunikasi yang bersifat sinkron (asynchoronous communication mode) atau bersifat unrel time. Akan tetapi, justru karakteristik seperti itulah yang menjadikan e-mail gratis ? kini dengan munculnya warung internet (warnet), kita bisa menggunakan komputer yang terkait ke salah satu ISP yang ada di Indonesia, tanpa perlu mendaftar, dalam hal ini cukup menyewa saja.
Ada dua pilihan untuk mendapatkan layanan e-mail yaitu :
1.      Regristasi e-mail local (Indonesia)
Regristasi e-mail local adalah regristasi atau mendaftarkan identitas diri untuk mendapatkan layanan e-mail yang servernya di Indonesia, tetapi tetap bisa digunakan untuki keperluan global.
2.      Regristai e-mail internasional
Untuk mendaftarkan regristasi/identitas ke salah satu webmail internasional pada prinsipnya sama dengan registrasi lokal, yang nmembedakan hanyalah server webmail tersebut berada di luar Indonesia, misalnya di Amerika, Singapura, atau Negara-negra lainnya.
2.4 FUNGSI E-MAIL
Karena pada dasarnya email adalah surat biasa yang berbentuk data digital, fungsi email tentu saja sama seperti fungsi surat, yaitu untuk mengirim dan menerima berita. Untuk mengirim dan menerima email, Anda harus memiliki alamat email. Alamat email ini biasanya memiliki format “alamat@domain.com”. Berikut penjelasannya :
Alamat: di bagian ini Anda dapat memilih alamat email Anda sendiri. Misalnya Anda memilih alamat “budi”, maka alamat email Anda menjadi: budi@domain.com. Domain.com : bagian ini tergantung dari layanan email yang Anda pilih. Misalnya Anda memilih layanan email dari Gmail, maka alamat email Anda menjadi: budi@gmail.com, Jadi apabila ada orang bertanya, “Alamat emailnya apa?”, Anda dapat menjawab, “budi@gmail.com”.
Selain untuk mengirim dan menerima informasi, saat ini email juga banyak digunakan sebagai alat pendaftaran website. Ketika Anda ingin mendaftarkan diri ke suatu website, Anda perlu memasukkan alamat email Anda. Nantinya website tersebut akan mengirimkan email kepada Anda. Dalam email tersebut biasanya terdapat link konfirmasi. Anda harus klik link tersebut untuk mengkonfirmasi bahwa email Anda adalah email yang valid. Bukan email karang-karangan.


2.5 CARA PENDAFTARAN E-MAIL
Pendaftaran email merupakan sesuatu yang mudah dan gratis. Cukup akses website penyedia layanan email yang Anda kehendaki, lalu klik tombol untuk mendaftar.
Selanjutnya Anda hanya perlu mengisi formulir pendaftaran yang disediakan, kemudian klik “Next” atau “Continue”, dan selesai. Anda sudah memiliki alamat email. Ada banyak penyedia layanan email. Tapi saya sarankan Anda memilih layanan email yang terbesar dan paling banyak digunakan, yaitu Gmail, Hotmail, atau Yahoo. Untuk membaca detil cara pendaftaran email di Gmail, Hotmail, atau Yahoo, klik salah satu link berikut ini:

2.6 CARA PENDAFTARAN E-MAIL DI YAHOO
ini adalah bagian dari penjelasan tentang apa itu email, apa fungsinya, dan bagaimana cara pendaftarannya. Berikut ini adalah cara pendaftaran email dengan menggunakan Yahoo.
Akses website Email Yahoo “mail.yahoo.com”.
Klik tombol “Create New Account”.



  • Isilah formulir pendaftaran tersebut:
  • Isi dengan nama awal dan akhir Anda.
  • Pilih jenis kelamin
  • Isi dengan tanggal lahir Anda
  • Pilih negara tempat Anda berada
  • Pilih bahasa yang akan Anda gunakan


Isi dengan id yang hendak Anda gunakan sebagai alamat email. Pada contoh ini saya memilih kompinia. Maka nantinya email saya adalah “kompinia@hotmail.com”. Pada bagian ini, Anda juga dapat menggunakan titik. Misalnya “kom.pinia@hotmail.com”.
  • Isi dengan password pilihan Anda.
  • Isi lagi dengan password yang sama
Jika Anda memiliki alamat email lain, isikan di sini. Jika suatu saat Anda lupa password, password baru bisa dikirimkan ke alamat email yang Anda isikan di sini.
Pertanyaan rahasia pertama. Berguna jika Anda lupa password. Anda harus menjawab pertanyaan rahasia untuk dapat mengatur ulang password Anda.


  • Jawaban pertanyaan rahasia pertama.
Pertanyaan rahasia kedua. Fungsinya sama seperti pertanyaan rahasia pertama.
  • Jawaban pertanyaan rahasia kedua.
  • Isi sesuai dengan kode yang terlihat pada gambar di atasnya.


Klik “Create My Account”.
Berikutnya Anda akan menuju tampilan berikut ini. Tampilan tersebut berisi detil data-data yang telah Anda isikan tadi.
Klik “Continue” untuk melanjutkan ke akun email Anda.
Selanjutnya Anda akan menjumpai tampilan akun email Yahoo Anda seperti berikut.

2.7 CARA PENDAFTARAN E-MAIL HOTMAIL
Artikel ini adalah bagian dari penjelasan tentang apa itu email, apa fungsinya, dan bagaimana cara pendaftarannya. Berikut ini adalah cara pendaftaran email dengan menggunakan Hotmail.
Akses website Hotmail “www.hotmail.com”.
Klik tombol “Sign Up”.














Berikut cara pengisian formulir tersebut:
  1. Isi dengan id yang hendak Anda gunakan sebagai alamat email. Pada contoh ini saya memilih kompinia. Maka nantinya email saya adalah “kompinia@hotmail.com”. Pada bagian ini, Anda juga dapat menggunakan titik. Misalnya “kom.pinia@hotmail.com”.
  2. Isi dengan password yang Anda kehendaki. Nantinya Anda akan menggunakan password ini untuk masuk ke akun email Anda.
  3. Isi kembali dengan password pilihan Anda seperti pada nomor 3.
  4. Isi dengan nomor telepon Anda. Tetapi karena Indonesia tidak ada pada daftar tersebut, Anda kosongkan saja bagian ini.
  5. Sama seperti poin nomor 4. Kosongkan saja.
  6. Pilih pertanyaan rahasia Anda. Gunanya untuk mendapatkan password jika Anda lupa


  1. password.


  1. Isi dengan jawaban pertanyaan rahasia Anda. Ingat-ingat jawabannya. Jawaban ini penting ketika Anda lupa password.
  2. Isi dengan nama awal Anda
  3. Isi dengan nama akhir Anda
  4. Pilih negara lokasi Anda
  5. Isi dengan kode pos Anda.
  6. Pilih jenis kelamin
  7. Isi dengan tanggal lahir Anda
  8. Isi sesuai dengan kode yang terlihat pada gambar di atasnya.
  9. Klik “I Accept”.












Berikutnya Anda akan menjumpai tampilan seperti gambar berikut ini.

Untuk mengakses email Anda, klik “Hotmail” atau “Go to inbox” atau “Inbox”.
Selanjutnya Anda akan melihat tampilan seperti berikut ini.
Tampilan tersebut adalah akun email Hotmail Anda. Pendaftaran email Hotmail Anda telah selesai.




2.8  KEUNTUNGAN E-MAIL
Ada beberapa keuntungan yang diperoleh dari fasilitas e-mail ini yang dapat dijabarkan sebagai berikut :
1.      Dapat berkomunikasi di dunia maya tanpa batas wilayah
2.      Berkomunikasi dengan teman atau seseorang di luar negeri sekalipun
3.      Surat yang disampaikan dapat langsung diterima melalui via internet
4.      Kita tidak perlu takut jika surat yang kita kirim rusak
5.      Tidak perlu pergi ke tukang pos untuk mengirim surat
6.      Surat yang kita kirim lebih cepat di terima disbanding pada tukang pos
7.      Lebih praktis disbanding surat pos (tinggal ketik kirim)
8.      Lebih murah disbanding ke tukang pos
9.      Memberikan jaminan kerahasiaan dan keamanan yang lebih terjamin disbanding surat pos
10.  Email tidak hanya berisi tulisan namun mampu disisipi (melampirkan) file lain seperti foto, video, musik, dll sehingga pesan tidak hanya berupa tulisan.

2.9  KERUGIAN E-MAIL
Selain beberapa keuntungan yang telah dijabarkan di atas, ada pula beberapa kerugian yang terdapat pada e-mail ini yaitu sebagai berikut :
1.      Keberhasilan file yang akan dikirim ke tujuan,sangat dipengaruhi oleh signal atau jaringan yang ada pada tempat untuk mengirim
2.      Kita akan kesusahan apabila ingin mengirim pesan elektronik ini ke tempat yang terpencil, dikarenakan jangkauan signal yang tidak memadai
3.      Kadang kala kita bisa membayar tagihan lebih mahal apabila saat mengetik pesan terlalu lama, dikarenakan biaya dihitun dari lama-cepatnya kita saat melakukan browsing.
4.      Sangat ketergantungan pada warnet apabila ingin mengirim pesan dengan murah.



BAB 3
METODE PENELITIAN DATA

3.1  TEMPAT & WAKTU PENGUMPULAN DATA
Pengumpulan data dilaksanakan di kediaman salah satu anggota dari penulis makalah ini yaitu I Gede Bayu Somantara. Dikarenakan Karena tempat ini lebih memadai untuk pengumpulan data yang berlangsung, mulai dari narasumber, warnet, dan rumah teman-teman yang sempat penulis mintai keternangan yang berkaitan dengan makalah ini. Waktu pengumpulan data dilaksanakan mulai dari hari Senin, 4 Februari 2013 sampai Kamis, 7 Februari 2013. Lamanya proses pengumpilan data ini dikarenakan waktu luang penulis yang sangat singkat, dan jarak tempuh yang cukup jauh dari kediaman I Kadek Dwi Nugraha dengan I Gede bayu Somantara.

3.2  TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Penulis menggunakan Google Chrome untuk membuka situs internet guna mencari informasi tentang email ini, dan menggunakan pencarian google.
Teknik-teknik yang dilakukan untuk mengumpulkan berbagai data tentang email ini meliputi sebagai berikut :

1.      Wawancara : penulis melakukan wawancar dengan orang sekitar sebagai narasumber seputar tentang e-mail ini
2.      Kajian Pustaka : mencari informasi di perpustakaan tentang buku-buku yang menyatakan tentang email ini
3.      Internet /browsing : mencari informasi-informasi tentang email dan pembuatannya di internet, untuk mendukung pembuatan makalah ini.

3.3  ALAT PENGUMPULAN DATA
Adapun alat-alat yang kami gunakan untuk mengumpulkan berbagai data terkait materi ini, kami memanfaatkan segala sesuatu yang dapat berguna untuk menunjang pengumpulan data, adapun alat-alat tersebuat yaitu laptop, computer, kertas, bolpoin, internet (browsing) untuk mencari informasi lebih luas lagi



BAB IV
SIMPULAN SARAN
4.1  SIMPULAN
Penulis mendapatkan berbagai simpulan yaitu sebagai berikut :
1.      Email merupakan surat elktronik yang digunakan untuk mengirim pesan via internet
2.      Jangkaun pengiriman e-mail ini tanpa batas wilayah
3.      Untuk memiliki email, diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu
4.      Kita dapat mendaftar email di gmail, yahoo, dan Hotmail
5.      Selain memiliki keuntungan, email juga memiliki kerugian

4.2  SARAN
1.      Agar lebih memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang luar diharapkan untuk memiliki akun email
2.      Jika ingin chat lewat email, gunakan kata-kata yang singkat, karena jika kita lama-lama di situs internet atau browsing juga akan memakan biaya yang banyak
3.      Perhatikan betul cara-cara membuat email.



DAFTAR PUSTAKA
Ali mahfud, Gunawan. 2006. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: ARYA DUTA.
LKS. Teknologi Informasi dan Komunikasi, MGMP KAB. BADUNG, Denpasar : Catur Wangsa Mandiri.




LAMPIRAN-LAMPIRAN

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar